cover
Contact Name
I Gde Dhika
Contact Email
mandala@undhirabali.ac.id
Phone
+6282146570258
Journal Mail Official
mandala@undhirabali.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/about/editorialTeam
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Psikologi Mandala
ISSN : 25804065     EISSN : 27455890     DOI : -
Jurnal Psikologi MANDALA adalah wadah informasi hasil penelitian dan artikel konseptual psikologi yang terbit berkala dua kali setahun setiap bulan Maret dan September. Jurnal Psikologi MANDALA terbit sejak tahun 2017. Ruang lingkup penelitian meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, Psikometri, Literature Review, Psikologi Eksperimen.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA" : 5 Documents clear
Dinamika Kelelahan Emosi Orang Tua Yang Memiliki ABK Tunagrahita di SLB Kota Denpasar Ayu Elva Cristiani; Ni Nyoman Ari Indra Dewi; Ni Ketut Jeni Adhi; Tio Rosalina
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 5, No 1 (2021): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.734 KB)

Abstract

Abstrak. Kelelahan emosional terjadi pada orang tua yang memiliki ABK Tunagrahita, hal ini terjadi akibar beban kerja, tekanan waktu, kurangnya dukungan sosial hingga stress karena peran yang dilakoni. Masalah yang diulas dalam penelitian ini adalah dinamika kelelahan mosional orang tua yang memiliki ABK tunagrahita di SLB kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi terhadap narasumber yang sesuai kreteria yang ada di SLB kota Denpasar. Adapun hasil penelitian yang ditemukan tanda-tanda dari kelelahan emosional pada narasumber muncul karena memiliki ABK tunagrahita yang membuat narasumber merasa pekerjaan menjadi berat, tidak puas pada diri sendiri, merasa pekerjaan sebagai suatu tuntutan, gelisah memikirkan anak hingga merasa kecewa pada diri sendiri. Kelelahan emosional berdampak pada munculnya perilaku menjadi tidak sabar saat mengurus anak, tidak sabar mendampingi anak belajar, memiliki konflik dengan pasangan, lelah saat mengurus anak dan bekerja, cemas terhadap hal yang terjadi pada anak, kontrol emosi tidak stabil dan merasa kecewa dengan lingkungan sekitar.Kata Kunci: kelelahan emosional, orang tua, ABK tunagrahita
Virtual Gastronomy Tour: Sebuah Jalan Keluar Promosi Wisata Kuliner Masa Kini? Listiyani Dewi Hartika; Ayu Prabasari Dharmajayanti; Ni Putu Nadia Frismayanthy; I Putu Yoga Ari Wijaya; I Gusti Ayu Putu Prisintya Devi
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 5, No 1 (2021): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.548 KB)

Abstract

Abstrak: Media sosial kini tidak hanya berfungsi sebagai penghubung komunikasi jarak jauh, namun dapat juga dijadikan suatu media untuk mempromosikan dan menarik minat beli konsumen terhadap sebuah produk. Saat ini belum terdapat penelitian yang menggali intensi pembelian ulang serta endurance metode promosi melalui tayangan virtual gastronomy tour jika dilihat dari sisi penjual karena efektifitas suatu metode promosi tidak hanya dilihat dari kemampuannya mengarahkan dan mendatangkan pembeli, namun juga terlihat dari keberlanjutan bisnis setelah adanya upaya promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah virtual gastronomy tour dapat menjadi sebuah jalan keluar promosi wisata kuliner di masa sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan jumlah narasumber 3 orang dan informan 3 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Adapun hasil yang diperoleh adalah endurance atau daya tahan euphoria yang dihasilkan oleh tayangan virtual gastronomy tour terhadap destinasi wisata kuliner bertahan cukup lama, dari sebulan hingga lebih dari tiga bulan. Hal ini juga diikuti dengan pembelian ulang atau komitmen yang akhirnya timbul setelah pembelian pertama, karena didasari oleh faktor besarnya massa yang dimiliki oleh food-vlogger tersebut.Kata Kunci: virtual gastronomy tour, content creator, promosi wisata kuliner
Hubungan Aspirasi Masa Depan dengan Task Commitment pada Mahasiswa Tingkat Akhir Asma Amaliyah
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 5, No 1 (2021): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.534 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aspirasi masa depan dengan task commitment pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas X. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara aspirasi masa depan dengan task commitment. Artinya semakin tinggi aspirasi terhadap masa depan, maka semakin tinggi keterikatan mahasiswa terhadap tugas (task commitment). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir di Universitas X. Sedangkan subyek dalam penelitian ini berjumlah 100 responden mahasiswa laki-laki. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang berupa skala aspirasi masa depan dan skala task commitment. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson pada program Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 20. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis Korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,775, p = 0,000 (p < 0,05). Artinya ada hubungan positif yang signifikan antara aspirasi masa depan dengan task commitment.Kata Kunci: aspirasi masa depan; task commitment
Peran Dukungan Sosial Orangtua dan Kematangan Karir Siswa SMK Kelas XII di Surabaya Yulia Dwi Anggreni
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 5, No 1 (2021): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.076 KB)

Abstract

Abstrak. Salah satu bagian penting dalam kematangan karir siswa yaitu adanya dukungan social orangtua supaya anak dapat mengembangkan karirnya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan social orangtua terhadap kematangan karir siswa kelas XII SMK di salah satu sekolah swasta di Surabaya. Penelitian ini melibatkan 112 siswa SMK berusia 17-20 tahun. Teknik pengambilan data ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui online (google form) dengan menggunakan Skala Dukungan Sosial (35 aitem valid, α = 0,925) dan Skala Kematangan Karir (25 aitem valid, α = 0,897). Data penelitian diolah menggunakan statistik dengan bantuan program komputer Microsoft Excel dan Statistical Package for Social Science (SPSS) 23. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan social orangtua terhadap kematangan karir. Artinya semakin tinggi dukungan social orangtua, maka akan diikuti dengan semakin tinggi pula kematangan karir. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji regresi linear sederhana. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan social orangtua terhadap kematangan karir siswa SMK kelas XII.Kata Kunci: kematangan karir; dukungan sosial orangtua, siswa SMK
Hubungan Teacher Support dengan School Engagement Pada Siswa SMP “X” di Bandung Zuster Alvin Gultom; Jane Savitri
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 5, No 1 (2021): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.256 KB)

Abstract

Abstrak. Salah satu cara dalam meningkatkan keterlibatan siswa di sekolah yaitu bagaimana peran guru dalam mendukung siswanya. Penelitian ini menggunakan Teori Teacher Support (Skinner et al.,1993) dan School Engagement (Fredricks et al., 2004) untuk mengetahui hubungan teacher support dan school engagement pada siswa SMP “X” di Bandung. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMP “X” di Bandung berjumlah 197 siswa yang dipilih berdasarkan teknik proportionate stratified random sampling. Responden mengisi angket kuesioner school engagement yang disusun oleh Savitri dan rekan peneliti lainnya (2016) berjumlah 27 item dan teacher support yang disusun oleh peneliti dan Fathia Prihandini (2020) berjumlah 34 item melalui google form. Skor masing-masing dukungan guru diregresikan dengan skor school engagement siswa menggunakan uji regresi ganda. Berdasarkan uji statistik menggunakan spss versi 25, teacher support secara simultan memprediksi school engagement siswa sebesar 30,3% (R2=0,303; F=27,988; p=0,000). Secara parsial, hanya involvement yang dapat memprediksi school engagement siswa (B=0,309; p=0,001), dan autonomy serta structure tidak memprediksi school engagement siswa (B=0,138 ;p=0,141 dan B=0,160 ; p=0,120).Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat hubungan teacher support dalam meningkatkan school engagement siswa. Apabila dilihat secara terpisah, teacher involvement yang paling dapat memprediksi school engagement siswa SMP “X” Bandung. Peneliti mengajukan saran yaitu melihat konstruk teacher support sebagai satu kesatuan yang utuh. Selain itu, peneliti mengajukan saran kepada pihak sekolah untuk merancang dan memberikan intervensi kepada guru-guru dalam meningkatkan praktik pengajaran yang mendukung siswa di sekolah.Kata Kunci: Teacher Support, School Engagement, Siswa SMP

Page 1 of 1 | Total Record : 5